Pemuda tentu memiliki proses dalam sebuah pembangunan karena menjadi generasi penerus bangsa serta agen perubahan. Dimana para pemuda ini akan berpartisipasi untuk menyelesaikan berbagai macam tantangan persoalan dalam bidang sosial maupun lingkungan khususnya di era digital.
Seperti yang kita tahu, bahwa salah satu tantangan utama generasi muda dalam perkembangan digital yaitu tidak mengikuti arus negatif kemajuan teknologi. Generasi muda harus bisa menjadi subjek pembangunan dan agen perubahan lingkungan, yang dapat direalisasikan melalui partisipasi aktif dalam kegiatan sosial masyarakat.
Apa Itu Pemberdayaan Anak Muda?
Melansir dari laman UGM, diketahui bahwa ide dasar pemberdayaan adalah memposisikan manusia sebagai subjek dalam dunianya sendiri. Lalu, pemberdayaan anak muda ini mengacu pada upaya mereka dalam membantu mengembangkan kemampuan untuk mengatur masalah dan mengambil keputusan secara mandiri.
Fokus pemberdayaan anak muda yaitu elaborasi konsep serta pendekatan yang tujuannya untuk bisa mengembangkan kapasitas masyarakat agar mampu mengelola lembaga, sumber daya hingga potensi lokal secara mandiri dan berkelanjutan.
Demi bisa mendorong keterlibatan pemuda dalam proses-proses pengambilan keputusan publik, ada baiknya mereka bergabung dalam sebuah wadah untuk bisa mengembangkan sisi kepemimpinan, kewirausahaan dan kemitraan.
Sederhananya, pemberdayaan anak muda ini, sangat terkait dengan keterlibatan mereka dalam kegiatan-kegiatan yang bisa membangkitkan potensi dan peran aktif di ruang publik.
MudaBerdaya Jadi Wadah Tepat untuk Pemberdayaan Anak Muda
Telah disebutkan sebelumnya, untuk bisa membawa perubahan pada lingkungan di era digital seperti sekarang, maka ada baiknya untuk melibatkan anak-anak muda dalam berbagai macam kegiatan ruang publik.
Lalu, cara paling tepat untuk bisa mewujudkan hal tersebut adalah dengan bergabung di Pemberdayaan Anak Muda , karena ini merupakan sebuah basis organisasi dan komunitas anak muda yang sudah tersebar secara luas di seluruh Indonesia. Bahkan MudaBerdaya sudah memiliki pengalaman lebih dari 8 tahun untuk mengorganisir dan mengatur seluruh kegiatan di lingkup sekolah hingga kampus-kampus di Indonesia.
Lebih menariknya lagi, setiap acara yang telah berkolaborasi dengan MudaBerdaya maka akan melibatkan partisipan dalam jumlah massive atau besar sekali yaitu sebanyak 5,000 hingga 20,000 anak muda.
Kegiatan-Kegiatan Kreatif yang Dilakukan Partisipan MudaBerdaya
Berikut beberapa kegiatan ruang publik yang telah dilakukan oleh MudaBerdaya untuk terus melibatkan anak muda dalam setiap prosesnya:
1. Melibatkan Partisipan Anak Muda untuk Mempromosikan Produk dengan Media Sosial
Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa di era digital banyak orang mulai menerapkan pemasaran online melalui berbagai macam platform media sosial, termasuk TikTok.
Melihat tingginya ketertarikan anak muda saat ini dalam membuat konten-konten video yang menarik, ternyata mendorong MudaBerdaya untuk melibatkan mereka dalam kegiatan promosi produk terhadap brand yang bekerjasama.
2. Melibatkan Partisipan Anak Muda dalam Kegiatan Product Sampling
Kemudian, ada juga kegiatan product sampling yang melibatkan anak sekolah. Ada sekitar tiga puluhan sekolah di area JaBoDeTaBek yang ikut serta berpartisipasi dalam kegiatan ini dan telah mendistribusikan sebanyak 11,200 product sampling untuk brand tertentu.
Selain dua kegiatan di atas, ada juga beberapa case study pemberdayaan anak muda lainnya dalam acara publik. Menariknya, MudaBerdaya ini juga mendukung potensi yang dimiliki oleh anak-anak muda dengan menggunakan hasil konten video yang telah mereka buat untuk mempromosikan sebuah produk atau brand