Bagi sebagian orang, menjalin relasi itu dianggap sesuatu yang sulit. Padahal dalam kenyataannya, relasi itu sangat membantu kita, entah itu di dunia pekerjaan, perkuliahan, maupun bisnis. Dengan adanya jalinan relasi, kita bisa terbantu saat kita mengalami kesulitan. Saat cari sponsor untuk acara, yang dilakukan pertama kali adalah menjalin relasi dengan calon sponsor agar acara kita bisa diterima. Jika sebelumnya kita sudah menjalin relasi dengan pihak sponsor, acara kita akan lebih mudah lagi untuk diterima sebagai partner. Perlu diperhatikan, relasi yang dimaksudkan di sini adalah hubungan yang dibangun menimbulkan dampak positif. Mendapatkan sponsor bukan hanya tentang satu acara, tetapi juga menjalin relasi jangka panjang dengan sponsor. Dalam artikel ini, kita bahas tuntas cara cari sponsor dengan menjalin relasi dengan sponsor.
1. Komunikasi yang Konsisten Membangun Kepercayaan
Hubungan yang kuat dengan sponsor harus dibangun dengan komunikasi yang konsisten. Kepercayaan adalah fondasi penting dalam hubungan jangka panjang. Untuk menjalin relasi yang baik saat cari sponsor, menjaga komunikasi yang konsisten dan terbuka dengan calon sponsor merupakan hal yang sangat penting.
Komunikasi yang dapat Kamu lakukan yaitu dengan memperkenalkan diri dan proyekmu dengan baik. Kemudian lakukan follow-up secara rutin. Jangan hanya menghubungi mereka ketika kamu membutuhkan dukungan. Kirimkan pembaruan berkala tentang perkembangan acara-acara lainnya di masa depan yang mungkin relevan dengan sponsor. Cobalah untuk membuat mereka merasa dihargai dengan memberikan update perkembangan event secara berkala.
1. Berikan Kesan Positif Bagi Sponsor
Saat cari sponsor, memberikan kesan positif akan menjadi nilai tambah bagi pihak sponsor. Oleh karena itu, setiap kali kamu bekerja sama dengan sponsor, pastikan pihak sponsor merasa puas dengan kerja sama yang terjalin. Caranya adalah dengan membuat pengalaman mereka berkesan sejak pertemuan pertama sampai dengan kerja sama selesai.
Sebagai contoh, jika mereka mendukung acara, berikan mereka akses eksklusif atau tawarkan posisi khusus, seperti menjadi pembicara atau tamu VIP. Buat mereka merasa menjadi bagian penting dari keberhasilan acara atau event kamu. Saat sponsor merasa bahwa mereka dilibatkan dan dihargai, mereka akan lebih mendukungmu di kesempatan berikutnya.
3. Pertahankan Hubungan Personal
Menjalin relasi yang baik dengan pihak sponsor harus terus berlanjut bahkan setelah event selesai. Jika memungkinkan, tetaplah terhubung secara personal dengan perwakilan sponsor untuk memelihara hubungan jangka panjang. Mempertahankan hubungan personal dengan pihak sponsor akan mempermudah kamu saat cari sponsor untuk event berikutnya. Kamu tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk cari sponsor. Kamu dapat menghubungi kembali pihak yang pernah menjadi sponsor dalam event yang kamu selenggarakan sebelumnya.
Inilah pentingnya mempertahankan hubungan personal dengan pihak sponsor, banyak manfaat bagi panitia event saat sudah menjalin hubungan baik dengan sponsor. Tujuan mencari sponsor bukan hanya untuk satu event saja, namun menjalin relasi yang baik untuk kerja sama jangka panjang. Poin ini juga berkaitan dengan poin yang pertama, saat komunikasi secara konsisten dibangun pihak sponsor akan memiliki kepercayaan kepada pihak event. Secara tidak langsung juga pihak event terhubung secara personal dengan pihak sponsor.
4. Ucapkan Terima Kasih
Memberikan berkesan kepada pihak sponsor merupakan salah satu langkah menjalin relasi yang baik dengan pihak sponsor. Setelah acara, kirimkan ucapan terima kasih formal kepada sponsor, baik melalui email maupun media sosial. Dalam menjaga hubungan baik, kamu bisa juga memberikan kenang-kenangan pada pihak sponsor sebagai bentuk terima kasih atas dukungan yang sudah diberikan. Pasalnya, event yang sudah terlaksana ini tidak akan berhasil tanpa dukungan finansial dari pihak sponsor. Ucapan terima kasih tidak akan cukup untuk menggambarkan rasa terima kasih. Namun, adanya kenang-kenangan sekaligus penghargaan berupa plakat atau apapun bentuknya bisa lebih mendekatkan hubungan secara emosional dengan pihak sponsor.
Masih banyak langkah-langkah lain dalam menjalin relasi baik dengan sponsor. Menjalin relasi itu sangat penting apalagi saat cari sponsor. Membuat sponsor betah bekerja sama dengan kita menunjukkan keberhasilan event yang sesungguhnya.