Pemasaran yang dilakukan lewat media sosial sekarang ini memang suatu keharusan jika Kamu memang mau menjangkau sebuah audiens baru dengan sangat cepat. Disinilah pentingnya kamu memahami tentang paid promote. Suka ataupun tidak, jangkauan memakai cara organik semakin susah untuk dicapai.

Untuk hal ini pasti saja akan ada beberapa hal yang cukup berat, yaitu untuk bisa melakukan pergeseran dari suatu strategi organik menuju sebuah strategi yang berbayar. Jadi, penting untuk Kamu buat menguasai semua opsi. Dalam panduan ini, akan dijelaskan kepada Kamu apa itu paid promote.

Manfaat Paid Promote Untuk Bisnis Digital

●     Menguatkan Jangkauan Anda

Beriklan lewat media sosial berikan brand Kamu visibilitas secara praktis. Jadi suatu brand akan memperoleh jangkauan yang lebih luas di media sosial, paling utama di Facebook. Volume artikel yang banyak akan membuat ikatan dengan audiens Kamu jadi lebih erat.

●     Membiasakan Anggaran Pemasaran

Iklan media sosial berbayar atau paid promote merupakan metode yang hemat biaya buat mempromosikan bisnis Kamu. Tiap platform memakai model Pay-Per-Click (PPC). Maksudnya, Kamu cuma membayar bila pengguna melaksanakan tindakan yang Kamu mau.

Tidak seperti periklanan konvensional, metode ini membolehkan Kamu untuk ikut serta dengan pasar khusus dengan harga diskon. Setelah melewati beberapa siklus iklan, Kamu bisa menyempurnakan penargetan buat mendesak hasil serta ROI yang lebih besar.

●     Tingkatkan Brand Awareness

Iklan media sosial merupakan cara yang hemat biaya buat menghasilkan eksposur brand Kamu. Bila bisnis Kamu timbul di feed pengguna secara teratur akibat pelaksanaan paid promote di instagram kamu, dengan cepat orang akan mulai mengidentifikasi bisnis Kamu. Brand awareness akan tingkatkan kredibilitas bisnis Kamu, dan mendesak keterlibatan serta sikap pembelian.

Pertimbangkan kembali kalau sekitar 80% pengguna media sosial mengikuti paling tidak akun brand populer. Dari followers ini, paling tidak 30% pengguna sudah membeli produk yang mereka temukan di media sosial. Saat Kamu mencoba membangkitkan brand awareness, tayangkan iklan yang informatif serta berkesan kepada pengguna.

Sebutan paid promote bisa jadi sudah diketahui oleh banyak kalangan saat ini, paling utama mereka yang ikut serta dengan branding serta sales. Buat kamu yang belum mengetahuinya dengan baik, maka untuk hal ini merupakan sebuah strategi mempromosikan suatu produk melewati pihak ketiga yang memang mempunyai banyak pengikut atau followers.

Sederhananya, dengan mempromosikan produk melalui pihak ketiga, harapannya dari followersnya ada yang tertarik buat lebih mencari tahu ataupun membeli langsung produk yang ditawarkan. Untuk hal ini telah diketahui sejak era Twitter sampai saat ini ramai dimanfaatkan di Instagram.

Okay, kembali ke persoalan apakah paid promote menguntungkan? Jawabannya gampang, pasti saja! Asal seluruhnya dipersiapkan dengan pas.

Beberapa hal yang Dilakukan Saat sebelum Memakai Paid Promote di Instagram

●     Kelola Akun Dengan Baik

Hal pertama yang wajib dicermati pada paid promote yaitu pengelolaan akun yang baik. Mulai dari segi identity (gambar profil, deskripsi, serta data yang lainnya), visual treatment (penyajian konten serta strategi visual yang sesuai dengan sasaran market), serta pastinya interaksi dengan followers.

Bila membolehkan, hire orang-orang yang memang pakar di bagian-bagian tersebut. Mudahnya, kamu akan memerlukan 2 posisi, yaitu pengelola akun (admin) serta desainer.

Bila kamu dalam hal ini memang telah memastikan sebuah ‘tujuan’ produkmu, maka kamu tinggal langsung menurunkan akan kedua orang tersebut. Nanti untuk selanjutnya langsung dikelola sesuai dengan semua plan yang memang telah dibuat.

●     Pahami Sasaran Market

Nah, buat yang satu ini memang butuh satu tahap ‘spesial’ sebab rumitnya ciri audiens yang jelas unik satu sama lain. Sesungguhnya untuk objective yang sangat perlu untuk kamu penuhi yaitu bisa untuk mencari tahu sebuah benang merah yang akan menyatukan para audiens. Hal ini bisa dilihat dari ciri yang variatif tersebut untuk bisa menemukan sasaran audience yang pas.

Pada paid promote ini yang dapat kamu jalani yaitu memetakan dengan jelas ciri sasaran audience yang potensial. Cari data sebanyak-banyaknya dengan mengkategorikan gender, umur, tempat tinggal, hobi dan yang lainnya. Dengan pemetaan ini, tidak hanya dapat memudahkan pembuatan konten, pemilihan KOL juga dapat dilakukan dengan pas.

●     Mencari Pihak Ketiga yang Pas!

Menguasai keadaan saat ini adalah ‘apa saja dapat dijual’ termasuk followers, maka kamu wajib betul-betul membenarkan pihak yang akan kamu ajak kerja sama memang mempunyai pengaruh yang penting. Jumlah followers besar tidak menjamin keasliannya. Hal yang dapat kamu lakukan yaitu mengecek interaksi di tiap konten yang mereka buat.

Sebagai contoh, bila terdapat akun dengan followers berjumlah ratusan ribu sampai jutaan. Tetapi di masing-masing konten yang dibuat ada interaksi yang sangat sedikit alias sedikit yang berkomentar. Maka bisa dipastikan akun tersebut mempunyai fake followers.

●     Cari yang Interaksinya Tinggi

Akun IG dengan followers 100 ribu ataupun apalagi 1 juta tidak menjamin bakal menguntungkan bila interaksi serta jangkauannya sedikit. Kian sering suatu akun berhubungan, kian bagus pula prospeknya.

Ciri yang dapat dilihat ialah dari:

  • Jumlah pendapat serta like
  • Jumlah siaran (impression)
  • Jangkauan konten, seberapa jauh hasil yang didapatkan

 

Ciri ini dapat kamu amati langsung dari feed Instagram mereka ataupun dapat tanya ‘laporan insight’ secara langsung kepada pemilik akun tersebut.

Inilah beberapa hal yang bisa kamu ketahui seputar paid promote. Zaman sekarang ini, hal ini memang sudah marak dilakukan apalagi oleh para pebisnis online. Hal ini tentukan saja dengan tujuan untuk bisa mencapai penjualan yang lebih optimal.

Please follow and like us: