Mengadakan sebuah acara seringkali membutuhkan dukungan finansial yang signifikan. Salah satu cara untuk mendapatkan dukungan tersebut adalah melalui sponsor. Jika kamu ingin proposal yang kamu sebarkan dilirik calon sponsor, kamu harus meluangkan waktu untuk mempersiapkannya. Sebelum memulai menyusun proposal untuk sponsor acara, kamu harus mengetahui sebanyak mungkin tentang calon sponsor yang akan kamu targetkan dengan kamu kirimkan proposal.
Untuk menarik minat calon sponsor, perhatikan poin-poin penting berikut ini saat merencanakan acara Anda. Mengidentifikasi sponsor yang tepat memerlukan pemahaman yang dilakukan melalui analisis untuk menentukan sponsor potensial yang selaras dengan tujuan.
1. Riset Target Audience Calon Sponsor
Sponsor merupakan salah satu strategi penting dalam dunia bisnis dan pemasaran. Banyak perusahaan yang mengandalkan sponsorship untuk membangun merek, meningkatkan visibilitas, dan menjalin relasi yang saling menguntungkan. Sponsor sangat pemilih dalam menentukan acara yang akan disponsorinya. Salah satu yang menarik bagi sponsor adalah kesamaan target audience antara sponsor dan acara yang akan diselenggarakan.
Luangkan waktu untuk meneliti setiap calon sponsor dalam proses mencari sponsor acara potensial secara menyeluruh. Pahami produk atau layanan yang dimiliki calon sponsor. Riset sponsor dapat dilakukan dengan menjawab beberapa pertanyaan seperti: Apakah target audiens kamu dan calon sponsor sama? Apakah nilai merek dan produk calon sponsor dapat melengkapi acara kamu ?Apakah mereka pernah mensponsori inisiatif serupa sebelumnya?
Apa yang mungkin mereka inginkan dari sponsorship?
Jika sudah terjawab, buat daftar perusahaan atau individu yang mungkin mendapat manfaat dari mensponsori kegiatan kamu. Langkah ini mungkin memakan waktu karena jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini akan berbeda untuk setiap sponsor potensial.
Riset yang menyeluruh sangat penting saat mencari sponsor yang sejalan dengan tujuan acara kamu. Mengidentifikasi calon sponsor dapat menggunakan basis data daring, direktori, atau publikasi perdagangan untuk menemukan calon sponsor potensial yang sesuai dengan target audience kamu.
2. Pahami Target Audience Acara
Mulailah dengan berkolaborasi erat dengan bidang penjualan acara kamu untuk mendapatkan wawasan tentang audiens kamu. Kemudian, analisis data dari peserta sebelumnya untuk mengidentifikasi preferensi dan minat.
Siapa yang menghadiri acara kamu sebelumnya? Apa yang mereka nikmati? Apa yang tidak mereka sukai? Semakin kamu memahami audiens kamu, semakin besar peluang kamu untuk menarik sponsor acara yang tepat.
Akan tetapi, ada satu hal yang perlu diperhatikan, yaitu memahami audiens target kamu bukan hanya tentang menarik sponsor, melainkan tentang menciptakan hubungan berkualitas antara merek dan calon pelanggan yang memiliki minat yang sama. Ini tentang menyusun proposal sponsor yang tidak hanya menguntungkan kamu tetapi juga menguntungkan sponsor.
Dengan memahami audiens, kamu meletakkan dasar bagi kemitraan yang saling menguntungkan dengan sponsor. Sekarang setelah kamu memiliki pemahaman yang jelas tentang audiens kamu, saatnya kamu mendapatkan sponsor yang potensial.
3. Riset Calon Sponsor yang Memiliki Kesamaan Tujuan
Setelah mengetahui apa yang membuat acara kamu unik dan apa yang diminati oleh calon sponsor, saatnya untuk menyelaraskan tujuan. Apa yang mereka harapkan dari sponsorship? Bagaimana kamu dapat memenuhinya? Kemitraan yang dibangun atas dasar saling pengertian dan kepercayaan akan menguntungkan kedua belah pihak, jadi tekankan hal itu dalam proposal kamu.
Misalnya, jika kamu berencana mengadakan konser untuk menggalang dana dengan tujuan tertentu, kamu dapat berbicara tentang dampak yang akan ditimbulkannya pada masyarakat dan bagaimana mengaitkan merek calon sponsor. Hal tersebut akan membantu mereka menjadi lebih menarik bagi pelanggan. Dengan cara yang sama, kamu dapat berbicara tentang jenis audiens yang akan tertarik pada acara kamu dan bagaimana calon sponsor sangat cocok dengan acara kamu sehingga membantu mereka mendapatkan eksposur yang relevan dan terus membangun kesadaran merek.
Saat menentukan calon sponsor acara potensial, pertimbangkan minat calon sponsor pastinya sesuai dengan tujuan acara kamu. Saat memilih sponsor jangan lupa pertimbangkan hal seperti kesesuaian budaya antara sponsor dan acara, sejarah sponsor masa lalu, dan jenis paket sponsorship yang dapat ditawarkan. Semoga bermanfaat!