Program fundraising dapat dioptimalkan dengan strategi komunikasi. Komunikasi ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran, partisipasi hingga dorongan untuk berdonasi. Untuk itulah, kamu perlu menerapkan strategi yang tepat untuk mewujudkan tujuan tersebut.

Sayangnya, sebagian orang kurang memperhatikan strategi ini. Padahal, strategi ini menjadi pilar penting untuk mewujudkan tujuan penggalangan dana.

Jika kamu memang ingin mengoptimalkan program pengumpulan dana, mau tidak mau kamu harus menerapkan strategi komunikasi. Untuk membantu keberhasilan fundraising, berikut ini 5 strategi komunikasi yang dapat kamu terapkan untuk mengoptimalkan program fundraising.

Pastikan Adanya Value

Apa value yang dimiliki oleh sebuah organisasi? Ini sangat dibutuhkan oleh orang yang ingin berdonasi.

Nilai-nilai luhur dari sebuah organisasi ini akan membuat orang lain mengetahui betapa pentingnya organisasi tersebut. Keberadaannya akan memudahkan orang lain dalam mewujudkan keinginannya.

Contohnya membantu korban bencana. Nilai dari tolong menolong ini akan meyakinkan orang lain untuk berpartisipasi dalam membantu korban bencana tersebut.

Karena, orang lain akan menyadari adanya lembaga yang mengumpulkan dana tersebut. Nantinya, dana ini akan disalurkan kepada pihak yang membutuhkannya.

Adakan Program

Strategi komunikasi yang bisa mendorong orang untuk berpartisipasi adalah dengan menjelaskan tentang rencana program kerja. Rencana ini berkaitan dengan dana yang nantinya akan dihimpun.

Program kerja yang dibuat ini harus bermanfaat serta relevan. Nantinya, program ini dikomunikasikan melalui media yang dipilih dengan baik.

Ketika program ini diketahui kejelasannya oleh donatur, donatur akan mempertimbangkan dengan baik. Bahkan, donatur akan terpanggil untuk berdonasi.

Lakukan Branding

Program fundraising bisa berhasil ketika organisasinya dikenal oleh masyarakat. Setidaknya, namanya sudah melekat di ingatan masyarakat.

Untuk mengenalkannya, dibutuhkan branding yang baik. Lembaga atau organisasi harusnya melakukannya sebagai bagian untuk mengenalkan lembaganya.

Ketika sebuah lembaga fundraising ini telah dikenali, program-program yang dijalankan akan mendapatkan perhatian dari masyarakat. Bahkan, lembaga ini akan diikuti oleh masyarakat.

Sewaktu lembaga ini menggalang dana untuk sebuah kegiatan, masyarakat akan secara teratur berdonasi. Tentunya, lembaga akan lebih mudah dalam mengumpulkan uang sesuai dengan target.

Mengenai branding ini, kamu bisa memanfaatkan berbagai cara. Mulai dengan cara konvensional atau pun modern.

Contohnya memanfaatkan selebaran hingga memanfaatkan internet seperti media sosial. Semuanya bisa dimanfaatkan untuk mengenalkan lembaga fundraising ke khalayak ramai.

Sediakan Ajakan untuk Berdonasi

Strategi lainnya adalah selalu menyematkan ajakan untuk berdonasi. Strategi ini dimaksudkan untuk mengingatkan orang lain agar berdonasi.

Kenapa? Karena tidak semua orang akan melakukan donasi saat itu juga. Biasanya, sebagian orang akan menunggu sampai akhirnya memutuskan untuk berdonasi.

Menyadari perilaku seperti ini, sudah semestinya kamu perlu mendorongnya secara teratur. Dorongan setiap waktu akan membuatnya tergugah untuk segera berdonasi.

Contohnya mengajak orang lain untuk menyumbang dana di berbagai kegiatan yang dilakukan. Dengan begitu, muncul kesadaran akan donasi sekaligus sadar atas lembaga yang kamu bangun.

Sampaikan Informasi yang Menginspirasi

Seseorang bisa mengajak orang lain ketika mampu menyampaikan pesan yang mencerahkan. Pesannya jelas dan sangat menginspirasi orang lain.

Di sini, kamu memang perlu mengkomunikasikan dengan jelas. Membuat cerita yang enak didengar dan dilirik oleh orang lain.

Cerita tentang kebahagiaan dari orang yang menerima donasi hingga cerita keberhasilan orang lain setelah berdonasi bisa disampaikan. Setidaknya, cerita ini akan memotivasi orang lain untuk berdonasi.

Itulah beberapa strategi komunikasi yang dapat kamu lakukan untuk mengoptimalkan program fundraising. Jika kamu menerapkannya, kamu bisa menarik orang lain agar mau berpartisipasi sekaligus mendorongnya untuk berdonasi.

Please follow and like us: