Di era digital ini, banyak orang menggunakan media sosial atau yang biasa disingkat dengan ‘medsos’. Pengguna media sosial pun tidak hanya generasi zaman now saja, lho. Anak-anak dan juga orang tua, bahkan para lansia pun banyak yang menggunakan medsos. 

   Melihat hal itu, media sosial menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia saat ini. Facebook, YouTube, Instagram, Twitter (X), dan TikTok adalah contoh medsos yang banyak digunakan seseorang untuk berkomunikasi, berbagi konten, dan membangun jaringan. Melalui medsos, berbagai hal bisa kita dapatkan, seperti informasi terbaru, pengetahuan baru, teman online, video hiburan, bahkan sampai cuan (uang) juga, lho. 

   Wah, emangnya bisa ya menghasilkan cuan lewat medsos? Tentu bisa, dong! Artikel kali ini memberikan 9 cara yang dapat kamu coba untuk menghasilkan cuan lewat medsos. Mari simak cara-caranya di bawah ini!

 

Menjadi Content Creator

   Hal yang paling banyak dilakukan ketika seseorang menggunakan medsos adalah melihat atau menonton konten-konten orang lain yang menjadi kesukaan mereka. Dengan memanfaatkan hal ini, kamu bisa membuat konten di medsos milikmu untuk menghasilkan cuan

   Dengan membuat konten yang menarik dan relevan, seperti video, tulisan, atau gambar, kamu dapat mengumpulkan audiens yang besar di media sosial. Kemudian, melalui monetisasi, seperti iklan atau sponsor, kamu bisa menghasilkan pendapatan yang signifikan. 

 

Bergabung dengan Program Affiliate

   Apakah kamu pernah melihat teman orang orang yang mempromosikan barang dan mencantumkan sebuah link di video atau postingan mereka? Ya, itu merupakan contoh hal yang dilakukan seseorang ketika bergabung dengan program affiliate. 

   Dengan mengikuti program ini, hal yang harus kamu lakukan ialah mempromosikan suatu produk atau layanan tertentu melalui medsos dengan menyertakan link untuk pembelian. Kamu akan mendapatkan komisi jika orang membeli barang tersebut melalui link yang kamu sertakan. Contoh program-program affiliate yang dapat kamu ikuti adalah Shopee Affiliates, Lazada Affiliate, Tokopedia Affiliate, Blibli Affiliate dan TripAdvisor Affiliate.

 

Membuka Jastip (Jasa Titip)

   Tentunya kamu tidak asing lagi bukan dengan jastip? Jastip atau jasa titip banyak dilakukan oleh seseorang yang sedang berpergian keluar negeri. Hal ini dimanfaatkan oleh seseorang dikarenakan pembelian barang dari luar negeri memerlukan akun Paypal ataupun kartu kredit yang tentunya tidak semua orang memilikinya. 

   Dengan melakukan hal ini, kamu bisa menghasilkan cuan dengan menentukan tarif tertentu untuk setiap barang yang dititip seseorang untuk kamu beli. Maka, ketika kamu sedang berpergian ke suatu tempat, informasikanlah hal itu ke medsos kamu dan tawarkan jastip untuk membeli barang-barang dari tempat yang kamu kunjungi.

 

Jual Barang Preloved (Second)

   Kamu memiliki barang-barang yang yang sudah tidak kamu gunakan lagi? Cobalah jual barang-barang tersebut dengan mengunggahnya ke medsos kamu. Barang-barang seperti baju, celana, sepatu, aksesoris, dan lainnya yang masih layak pakai tetapi tidak kamu gunakan lagi bisa kamu manfaatkan untuk menghasilkan cuan lewat medsos dengan menjualnya lagi, lho. 

   Hal yang perlu dilakukan agar barang yang kamu jual dapat dibeli orang lain adalah dengan mengunggah foto atau video detail dari barang yang akan kamu jual, menyertakan harga awal, serta memberikan informasi mengenai ukuran, warna, merek, alasan dijual, dan juga kekurangan yang ada di barang tersebut jika ada.

 

Menjual Jasa 

   Salah satu cara paling umum untuk mencari cuan lewat medsos adalah dengan menjual jasa. Jasa yang kamu tawarkan bisa bermacam-macam. Untuk bisa menjual jasa dan tentunya menghasilkan cuan, mulailah dari melakukan riset mengenai kesulitan yang sering dialami orang banyak seperti di kalangan pelajar/mahasiswa, di kalangan pebisnis, dan lainnya. Kemudian, carilah solusi dan sesuaikan dengan skill yang kamu miliki. 

   Ketika kamu sudah menentukan jasa yang akan kamu jual, gunakanlah medsos seperti Instagram, TikTok atau Twitter (X) untuk mempromosikannya. Contoh jasa yang dapat kamu jual adalah jasa membuat CV, jasa membuat PPT, jasa membuat design, jasa sebagai translator, dan sebagainya. 

 

Menjadi Ghostwriter di Twitter (X)

   Tugas yang perlu kamu lakukan ketika menjadi Ghostwriter adalah membuat konten dalam bentuk tweet dan thread yang diminta oleh klien atau perusahaan untuk meningkatkan engagement dengan audiens mereka. Tetapi, mengingat adanya batasan huruf/kata dalam Twitter, kamu juga perlu keterampilan dalam menulis konten yang singkat, padat dan jelas. Nah, jika kamu memiliki kriteria tersebut, cobalah menjadi ghostwriter.

 

Membuat Sponsored Tweet

   Kamu juga bisa menggunakan X atau Twitter untuk menghasilkan cuan dengan membuat sponsored tweet. Hal ini terjadi ketika tweet kamu yang berisi iklan untuk mempromosikan produk/layanan suatu perusahaan diklik oleh seseorang. Namun, untuk melakukan hal ini, ada persyaratan yang perlu kamu penuhi. Dikutip dari glints.com, akunmu setidaknya harus memiliki 50 followers, 100 tweets, dan sudah berusia tidak kurang dari 60 hari untuk bisa mendaftar layanan sponsored tweets.

 

Mengikuti Lomba

   Sebagai pengguna medsos, pasti kamu sering menemukan info-info lomba yang diadakan oleh suatu akun dengan hadiah berupa uang bukan? Ya, dengan mengikuti lomba-lomba tersebutlah kamu bisa mencari cuan lewat medsos. 

   Mengikuti lomba mungkin bukanlah suatu hal yang bisa kamu jadikan sebagai penghasilan tetap, namun hal ini juga sangat membantu untuk meningkatkan keterampilan sekaligus mendapatkan cuan tambahan, lho. Contohnya jika kamu rajin mengikuti lomba-lomba design atau lomba membuat cerpen, puisi dan sebagainya dan meraih kemenangan, kamu bisa memperoleh hadiah serta menambah pengalamanmu.

 

Menjual Design atau Gambar

   Kamu juga bisa mencari cuan lewat medsos dengan menjual design atau gambar karyamu. Sebagai langkah awal, kamu bisa mulai membuat akun khusus untuk berjualan, kemudian mengunggah contoh-contoh design atau gambar yang pernah kamu hasilkan. Buatlah caption dan konten yang menarik mengenai design atau gambar yang kamu jual. Dengan begitu, orang akan tertarik untuk mencari tahu lebih jauh mengenai daganganmu. Kemudian kamu bisa menentukan harga sesuai dengan kualitas dan usaha yang diperlukan untuk membuat setiap design atau gambarnya.

 

Nah, itulah dia beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menghasilkan cuan lewat medsos. Jadi, jika kamu bertanya-tanya “Emang bisa cari cuan lewat medsos?” jawabannya adalah sangat bisa! Bahkan dari apa yang telah dibahas, sebenarnya masih banyak yang bisa dilakukan untuk menghasilkan cuan lewat medsos.

Namun, untuk bisa menghasilkan cuan seperti yang kamu harapkan tentunya kamu memerlukan kesabaran, konsistensi, kreativitas, pemahaman terhadap tren di medsos, riset dan dedikasi penuh dalam membangun personal branding atau brand identity kamu di medsos.

 

   

Please follow and like us: