Untuk mendapatkan sponsor acara, diperlukan strategi yang tepat agar pengajuan proposal sponsor dapat didanai. Mengajukan proposal sponsor bukan sekadar meminta bantuan finansial semata, melainkan menawarkan kerja sama untuk saling mendapatkan keuntungan. Menawarkan kerja sama artinya membangun suatu hubungan. Hubungan dapat dibangun dengan baik apabila terlebih dahulu dibangun kredibilitas dan nilai tawar. Kredibilitas dan nilai tawar ini yang berperan dalam membuat sponsor yakin terhadap event yang akan diselenggarakan.
Dari hal tersebut kita akan belajar satu hal tentang pentingnya melakukan langkah strategis dalam pengajuan proposal sponsor agar dapat didanai. Lalu apa saja pendekatan-pendekatan strategis agar sponsor acara tertarik untuk mendanai event kamu? Mari kita bahas!
1. Pahami Sponsor Acara Potensial dengan Baik
Berhasil tidaknya proposal sponsor acara didanai adalah tentang faktor kecocokan. Kecocokan ini yang akan membuat sponsor acara tertarik untuk mendanai event kamu. Kamu bisa mulai mempelajari sponsor acara yang potensial dengan memahami apa visi misinya. Selain itu, kamu bisa memperlebar pemahaman kamu dengan mempelajari apa fokus program Corporate Social Responsibility (CSR) nya. Ketika kamu sudah mengerti dengan hal-hal mendasar ini, kamu akan mudah menemukan dimana letak kesamaan nilai yang dapat dikaitkan antara event mu dan sponsor acara. Hal ini juga dapat membantu kamu dalam membuat nilai tawar yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
2. Tunjukan Bagaimana Event Kamu Bisa Selaras dengan Brand Sponsor
Ini adalah beberapa contoh eventnya:
- Event Seminar atau Workshop Pendidikan
Sponsor potensial : platform edukasi online, brand perlengkapan alat tulis, perusahaan teknologi, dll.
Alignment : sponsor dapat menunjukan dukungan mereka pada pengembangan pendidikan, adanya diskon khusus pembelian produk atau promosi khusus pengenalan brand.
- Event Amal atau Kegiatan Sosial
Sponsor potensial : rumah sakit, bank, brand kesehatan, brand makanan sehat, dll.
Alignment : sponsor acara dapat menunjukan dukungan dan citra yang peduli pada kesehatan dan sosial, promosi produk, seperti vitamin dan asuransi kesehatan, atau layanan CSR mereka.
- Event Bazar UMKM atau Kewirausahaan
Sponsor potensial : bank, Financial Technology (Fintech), penyedia modal usaha, penyedia jasa software akuntansi, dll.
Alignment : sponsor dapat menunjukan dukungan mereka pada pengembangan UMKM serta mereka juga dapat promosi langsung ke target marketnya (pelaku usaha)
3. Tawarkan Nilai yang Jelas dan Layak
Ingat, yang kita lakukan adalah menawarkan kolaborasi, bukan mengemis. Artinya, ada nilai tambah yang bisa ditawarkan kepada sponsor . Berikan nilai tawar kepada sponsor yang dapat memberikan mereka nilai tambah untuk perusahaan atau brand mereka. Nilai yang ditawarkan dapat dimulai dari memberikannya statistik target audiens (kelompok, umur, minat, jumlah audiens), memaparkan potensi exposure brand, dan branding placement (banner, logo, booth, mention oleh MC).
4. Bangun Kepercayaan Sebelum Mengajukan Proposal
Modal utama dalam sebuah hubungan adalah kepercayaan, terutama untuk hubungan jangka panjang. Sebelum melakukan penawaran kerja sama, tunjukan bahwa komunitas kamu merupakan komunitas yang kredibel dan meyakinkan. Hal ini dapat ditunjukan dengan bukti konkret keberhasilan event sebelumnya yang komunitas kamu selenggarakan. Jika ini event yang akan dilaksanakan merupakan yang pertama kalinya, kamu dapat menunjukan sikap percaya diri dan pesan optimis kepada sponsor kamu. Namun yang perlu diingat, pesan optimis ini perlu ditopang oleh langkah-langkah dan aksi yang nyata.
Itulah beberapa pendekatan strategis yang dapat kamu lakukan agar ajuan proposal sponsor acara mu didanai. Semoga berhasil!