Apakah kamu sedang merencanakan event besar di tahun 2024 dan masih cari sponsor event yang tepat? Jika iya, kamu membaca artikel yang tepat. Mendapatkan sponsor yang relevan dan bernilai adalah kunci kesuksesan sebuah acara. Tetapi, di dunia yang terus berkembang ini, menemukan sponsor yang tepat bisa menjadi tantangan tersendiri, lho.

Saat ini, banyak event yang telah mengusung tema-tema menarik dengan susunan acara yang seru sehingga event tersebut berhasil mendapatkan banyak sponsor dan mendatangkan banyak pengunjung. Berbagai event tersebut tentu akan menjadi sainganmu bukan? Hal ini akan menjadi semakin sulit apabila event kamu tidak memiliki value yang kuat untuk meyakinkan calon sponsor.

   Itulah sebabnya memahami tren event terbaru akan sangat berguna untuk menjadikan acara kamu stand out di mata calon sponsor. Apa saja sih tren cari sponsor tersebut? Jangan khawatir, artikel kali ini telah merangkum 7 tren event terbaru di 2024 yang bisa membantu mengamankan calon sponsor untuk event kamu.

   Nah, dengan memahami tren ini, kamu akan bisa menarik perhatian sponsor-sponsor besar dan memastikan event kamu sukses, lho! Bagaimana? Penasaran dengan apa saja tren event-nya? Simak terus artikel ini, ya!

1. Event Bernuansa Ramah Lingkungan

   Tren yang pertama adalah mengadakan event dengan nuansa ramah lingkungan. Tren ini mulai muncul untuk mengurangi pencemaran lingkungan. Sebab, sering kali suatu event/acara menjadi penghasil limbah ataupun sampah terbesar di suatu tempat. Namun, generasi sekarang juga memiliki kepedulian terhadap lingkungan yang semakin meningkat, lho. Itulah mengapa mengadakan suatu event dengan nuansa ramah lingkungan menjadi tren di 2024 ini.

   Cara agar event kamu bernuansa ramah lingkungan bukan hanya dilihat dari pengelolaan sampahnya saja, lho. Konsumsi energi yang tinggi juga akan membuat event kamu tidak ramah lingkungan. 

Mengutip dari idebiz.id dan vendoreventsamarinda.id, ada 4 cara yang bisa kamu lakukan agar kamu bisa membuat event yang ramah lingkungan, yakni sebagai berikut.

·   Mengurangi penggunaan plastik

·   Menggunakan material ramah lingkungan

·   Memilih vendor atau EO yang menawarkan program offset karbon dan berkomitmen dalam pelestarian lingkungan

·   Memakai lokasi event yang memiliki sertifikasi hijau dan mendukung praktik ramah lingkungan

2. Mengutamakan Pengalaman daripada Hanya Paparan Merek

   Tren selanjutnya adalah event yang berbasis pengalaman. Hal ini semakin banyak diterapkan bagi para penyelenggara acara saat ini. Seiring perkembangan zaman dan munculnya generasi baru, perubahan dalam value suatu event untuk dapat dikatakan menarik juga semakin banyak. Saat ini, orang cenderung lebih tertarik untuk menghadiri suatu acara di mana mereka bisa mendapatkan benefit berupa pengalaman tak terlupakan dan belum pernah dilakukan sebelumnya. Jadi, penting bagi kamu untuk memikirkan poin ini untuk ada dalam event kamu, ya!

   Tidak hanya dari segi pengunjung saja, hal ini juga berlaku bagi sponsor, lho. Semakin hari, sponsor semakin tertarik untuk menciptakan pengalaman yang berarti bagi peserta acara daripada sekadar menampilkan logo di backdrop/banner. Sebagai contoh, pengalaman yang imersif dan interaktif, seperti event yang memberikan pengalaman sensorial. Bisa juga dengan kegiatan yang melibatkan partisipasi aktif dari pengunjung menjadi prioritas utama bagi para sponsor. Mereka ingin terlibat langsung dengan audiens serta menciptakan koneksi yang mendalam dan berkesan, yang pada akhirnya dapat meningkatkan loyalitas brand.

3. Integrasi Teknologi dalam Aktivasi Sponsor

   Tren kali ini berkaitan dengan teknologi. Di era digital ini, tentunya belum afdol nih kalau kamu tidak mengintegrasikan event yang akan kamu adakan dengan teknologi yang sudah berkembang pesat. Tidak dapat dipungkiri, teknologi memainkan peran besar dalam event di tahun 2024, lho!

   Mulai dari penggunaan aplikasi event organizer untuk mendapatkan data real-time tentang partisipasi audiens, hingga integrasi teknologi blockchain untuk transparansi pengelolaan sponsorship.

   Bagi kamu yang masih asing dengan sistem blockchain, singkatnya, sistem ini akan memudahkan kamu dalam menjaga data audiens dan transparansi data dalam dunia EO. Kamu juga bisa membuat tiket digital yang sulit dipalsukan dengan sistem ini. Berguna sekali bukan?

   Lalu, jika kamu mengintegrasikan event-mu dengan teknologi dan sistem seperti ini, tentu hal itu akan menjadi daya tarik dan poin plus ketika cari sponsor, lho! Di mata mereka kamu akan dinilai sebagai penyelenggara acara yang terpercaya dan kredibel.

4. Event dengan Sistem Gamifikasi

   Mengkolaborasikan suatu event dengan sistem gamifikasi juga menjadi tren di tahun ini. Berkaitan dengan poin kedua sebelumnya, selain event yang interaktif, banyak audiens juga tertarik dengan sistem gamifikasi ini, lho.

   Bagaimana tidak? Pada umumnya seseorang akan menyukai sebuah tantangan atau melakukan sesuatu jika ada goals-nya. Nah, di sinilah sistem ini mulai menjadi inovasi dalam dunia event untuk menarik lebih banyak audiens. Contoh penerapan sistem gamifikasi adalah sebagai berikut.

·   Event yang menyisipkan tantangan kecil di setiap instalasinya. Apabila berhasil dilakukan, pengunjung akan mendapat stamp yang dapat ditukar dengan free merchandise jika stamp lengkap. 

·   Membuat sesi games di mana pengunjung harus menjawab pertanyaan seputar event yang diadakan dengan imbalan sebuah hadiah apabila menjawab benar.

5. Personalisasi Penawaran Sponsor

   Tren yang satu ini juga tidak kalah penting untuk kamu ketahui. Mengutip dari tourezia.com, tren event 2024 saat ini merujuk ke pengalaman pengguna yang lebih personal, interaktif dan berbasis teknologi. Pada poin sebelumnya telah dibahas mengenai tren event interaktif dan berbasis teknologi. Dalam poin ini, kamu perlu mengetahui tren personalisasi penawaran sponsor.

   Personalisasi menjadi tren penting, di mana setiap penawaran sponsorship disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan spesifik dari calon sponsor. Hal ini menunjukkan kamu harus benar-benar memahami audiens mereka, apa yang mereka inginkan dari sponsorship, dan bagaimana kamu bisa menyediakan platform yang sesuai dengan strategi pemasaran mereka. Dengan pendekatan yang lebih personal ini, kamu pastinya akan bisa menciptakan penawaran yang lebih menarik dan relevan bagi calon sponsor.

6. Kolaborasi dengan Micro-Influencers

   Dalam penyelenggaraan suatu event, tidak lengkap rasanya tanpa melakukan promosi bukan? Promosi menjadi hal wajib jika kamu ingin banyak pengunjung yang menghadiri event-mu.

   Nah, di tahun 2024 ini, menurut rumahmedia.com, terdapat 5 tren digital marketing 2024 dan salah satunya ialah influencer marketing oleh micro-influencers. Mengutip dari ganknow.com, micro-influencer adalah influencer dengan pengikut 5.000 hingga 100.000 di satu platform media sosial. Lalu, mengapa tren ini penting bagi sponsor?

   Saat ini, sponsor semakin menyadari nilai dari bekerja sama dengan micro-influencers yang memiliki target audiens yang lebih spesifik dan autentik dibandingkan dengan macro-influencers yang mungkin memiliki audiens yang luas tetapi tidak selalu relevan. Melansir dari blog.slice.id, manfaat yang bisa kamu dapatkan jika berkolaborasi dengan mereka adalah efektivitas biaya, tingkat engagement yang lebih tinggi, menargetkan audiens niche, dan percakapan yang autentik. Worth to try, bukan??

7. Mengikuti Tren Tema 2024

   Tren terakhir bagi kamu yang lagi cari sponsor event adalah mengikuti tema yang sedang tren di 2024. Selain 6 poin yang telah dibahas sebelumnya, jangan lupakan bahwa tema acara yang akan kamu gunakan untuk event-mu tidak kalah penting. Hal itu juga bisa menjadi strategi untuk mendapatkan sponsor acara, lho!

   Dengan mengangkat tema yang sedang nge-tren, kamu bisa meningkatkan value acara serta menargetkan pengunjung yang lebih spesifik. Beberapa tema yang menjadi tren di 2024, contohnya adalah sebagai berikut.

·   Cybersecurity: melindungi diri di era digital

·   Kesehatan mental dan emosional anak: membangun generasi yang sehat dan bahagia

·   Membangun personal branding yang kuat untuk meningkatkan karir dan bisnis

  Cari sponsor di tahun 2024 memang memerlukan pendekatan yang lebih strategis dan inovatif. Memahami dan menerapkan tren terbaru dalam artikel ini akan memberimu peluang lebih besar dalam mendapatkan sponsor. Kamu juga bisa mencari tahu lebih banyak mengenai sponsorship di sini, ya! Selamat merencanakan event kamu di tahun 2024, semoga sukses dalam mendapatkan sponsor yang sesuai!

Please follow and like us: