Menggelar sebuah acara memang seru untuk dilakukan, tetapi bagaimana jadinya jika kamu tidak memiliki sponsor untuk acara kamu? Hal itu bisa saja berakibat fatal bagi kantong persediaan organisasi kamu. Tetapi, jangan cemas dulu, ya! Kamu bisa mengantisipasi hal tersebut dengan menggunakan 7 cara mencari sponsor acara yang sederhana tetapi ampuh untuk dilakukan. Penasaran dengan caranya? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

1. Tentukan Jenis Sponsor yang Sesuai

 Sebelum kamu memasuki tahap mencari sponsor acara, ada langkah penting yang perlu kamu lakukan terlebih dahulu. Langkah tersebut ialah menentukan jenis sponsor yang sesuai dengan kebutuhan dan cocok dengan konsep acara serta target audiens kamu. Hal ini perlu dilakukan agar kamu tidak asal memilih sponsor untuk acara kamu, melainkan memilih sponsor yang sesuai dengan kebutuhan.

   Dalam memilih bentuk sponsor yang sesuai dengan kebutuhan, kamu bisa memilih antara sponsor dana, sponsor teknis, dan sponsor produk. Pertama, sponsor dana yaitu sponsor yang akan membantu acara kamu dari segi finansial. Kedua, sponsor teknis yaitu sponsor yang dapat kamu pilih jika memerlukan peralatan atau kebutuhan teknis seperti sound system, lighting, panggung atau venue. Ketiga, sponsor produk yaitu sponsor yang memberikan bantuan untuk acara melalui produk-produk yang relevan dengan acara.

   Selanjutnya, kamu bisa menentukan jenis lembaga sponsor apa yang cocok dengan konsep acara dan target audiens kamu. Sebagai contoh, jika konsep acara kamu ialah acara musik dengan target audiens anak muda berumur 18-30 tahun kamu bisa mencari sponsor acara yang berkaitan dengan perusahaan musik, produsen alat musik, brand pakaian, pemilik aplikasi streaming musik, stasiun radio, serta perusahaan makanan dan minuman.

2. Profilkan Acaramu dengan Baik

Dalam mencari sponsor acara, tentunya kamu perlu memastikan juga agar acaramu terlihat menarik di mata calon sponsor. Caranya adalah dengan membuat proposal yang menarik dan profesional. Jelaskanlah dengan jelas tentang latar belakang dan tujuan acara, waktu pelaksanaan acara, target audiens, serta manfaat yang bisa didapatkan oleh sponsor dengan berpartisipasi. Profilkan juga keunikan acaramu dengan menjelaskan apa yang membuatnya berbeda dari acara sejenis dan tunjukkan bahwa acaramu layak untuk didukung.

3. Manfaatkan Jaringan yang Kamu Miliki

 Setelah kamu menentukan jenis sponsor yang sesuai dan menyusun proposal, maka sekarang saatnya kamu mencari sponsor acara tersebut! Jika kamu belum berpengalaman dalam mencari sponsor acara atau bahkan pemula, tenang saja! Kamu bisa memanfaatkan jaringan yang kamu miliki untuk mulai mencari sponsor. Kamu bisa memulainya dari orang-orang yang kamu kenal seperti teman, keluarga, atau rekan kerja. Siapa tahu, ada yang punya relasi dengan perusahaan atau individu yang bersedia menjadi sponsor acaramu. Ingat, setiap orang yang kamu kenal bisa menjadi potensi pintu masuk menuju sponsor yang kamu butuhkan.

4. Optimalkan Media Sosial dan Platform yang Tersedia

Di era digital ini tentu media sosial sangat bermanfaat untuk banyak hal, salah satunya dalam mencari sponsor acara. Kamu bisa mengoptimalkan media sosial yang ada untuk mempromosikan acaramu dan juga mencari sponsor. Buatlah konten-konten menarik yang memperlihatkan potensi dan keunikan acaramu. Kemudian, jangan ragu untuk menghubungi calon sponsor melalui direct message (DM) ataupun email.

   Selain melalui media sosial, saat ini terdapat pula berbagai platform ataupun aplikasi yang dapat membantu penyelenggara acara dalam mencari sponsor. Contohnya adalah LinkedIn, Bizzy, dan Goers. Kamu bisa memanfaatkan platform tersebut untuk meningkatkan peluang dalam menemukan dan mendapatkan sponsor potensial.

5. Bentuk Kemitraan Lokal

Cara lainnya yang bisa kamu coba dalam mencari sponsor acara adalah membentuk kemitraan lokal. Kamu bisa memanfaatkan potensi kemitraan dengan bisnis lokal di sekitar tempat acaramu. Toko-toko kecil, restoran, atau usaha kecil lainnya mungkin saja tertarik untuk menjadi sponsor acaramu. Kamu bisa mencoba menawarkan kepada mereka kesempatan untuk mempromosikan produk atau layanan mereka kepada audiens acaramu. Dalam kemitraan semacam ini, mereka bisa mendapatkan eksposur lokal yang lebih luas, sementara acaramu mendapat dukungan finansial atau dukungan dalam bentuk lainnya.

6. Tawarkan Branding yang Menarik

 Jika sudah mencari-cari sponsor acara dan menemukan calon sponsor potensial untuk acara kamu, tahap selanjutnya adalah negosiasi dengan calon sponsor tersebut. Dalam tahap ini, cara yang dapat kamu lakukan ialah menawarkan branding yang menarik kepada calon sponsor. Hal yang bisa kamu tawarkan antara lain penempatan logo di banner, leaflet, hingga promosi melalui media sosial. Semakin menarik penawaran branding yang kamu berikan, semakin besar pula kemungkinan perusahaan target mau berpartisipasi sebagai sponsor.

   Selain itu, perusahaan juga akan mencari manfaat yang lebih menguntungkan dari menjadi sponsor. Oleh karena itu, cobalah untuk memberikan nilai tambah yang jelas kepada mereka. Misalnya, berikan kesempatan bagi mereka untuk mempresentasikan atau melakukan workshop kecil di acara kamu. Bisa juga dengan memberikan hak eksklusif seperti menjadi sponsor tunggal untuk kategori tertentu.

7. Bersikap Fleksibel dan Terbuka

Strategi terakhir dalam mencari sponsor acara adalah bersikap fleksibel dan terbuka terhadap kemungkinan kerja sama yang berbeda. Dalam mencari sponsor acara, tentu kita akan berhadapan dengan tahap negosiasi. Mungkin saja dalam tahapan itu apa yang kamu tawarkan tidak sesuai dengan kebutuhan mereka. Jika itu terjadi, janganlah ragu untuk bernegosiasi dan bersikap terbuka untuk mencari solusi yang saling menguntungkan. Siapa tahu dari negosiasi tersebut akan tercipta kesepakatan yang lebih baik.

   Itulah dia 7 cara mencari sponsor acara yang tentunya bisa diterapkan oleh pemula. Semoga dengan menerapkan cara-cara sederhana di atas kamu bisa menemukan sponsor yang tepat, ya! Jangan lupa untuk tetap semangat dan bekerja keras dalam melakukannya.

Please follow and like us: