Kalau kamu ingin membuat sebuah event, kamu wajib tahu bagaimana cara mendapatkan sponsor. Karena keberhasilan acara yang bakal kamu gelar itu sangat tergantung dari dana yang kamu dapatkan. 

Lebih dari itu, acara kamu akan terlihat lebih menarik ketika ada pihak sponsor terkenal yang ikut mendanai. Ada logo sponsor tertentu di banner atau di leaflet. Orang pun akan lebih antusiasi untuk ikut serta.

Nah, sekarang apa sih yang harus kamu lakukan agar bisa menggaet sponsor sebanyak mungkin? Bukan proposal super bagus yang harus kamu buat. Tentu proposal kegiatan dan pengajuan sponsor itu penting. Namun, kamu juga harus memahami dari sudut pandang pemberi dana, tentang apa sih yang mereka inginkan dari kontribusi mereka di acara kamu tersebut. Ini yang harus kamu pelajari. 

3 Hal yang Diinginkan oleh Sponsor

Setiap sponsor pasti punya intensi atau keinginan sendiri ketika mendanai sebuah acara. Akan tetapi, setidaknya 3 hal ini yang diinginkan oleh sponsor. Ketika kamu ingin tahu cara mendapatkan sponsor, kamu wajib tahu 3 intensi ini. Apa saja itu?


1. Memberikan Value untuk Sponsor 

Bisa saja sponsor memberikan dana CSR yang memang sifatnya sudah dianggarkan dari tahun ke tahun. Dana tersebut wajib dikeluarkan. Akan tetapi, tentu CSR akan diberikan ke kegiatan yang memberikan value lebih untuk pihak sponsor.

Value tersebut bisa bermacam-macam. Misalnya saja value berupa awareness dan branding yang lebih baik di masyarakat. Ini biasanya yang diinginkan oleh sebuah perusahaan. Jadi, perusahaan akan dengan senang hati mendanai kegiatan yang bisa membuat masyarakat lebih tahu dan percaya dengan perusahaan tersebut. Diharapkan, melalui kegiatan tersebut, secara tidak langsung profit yang didapatkan perusahaan juga semakin meningkat lantaran kepercayaan masyarakat semakin tinggi.

Pada intinya, cari tahu apa yang pihak sponsor inginkan. Ini kunci penting saat kamu mencari sponsor. Pastikan mereka mendapatkan value tersebut agar mereka mau mendanai kegiatan.

2. Berdampak Luas 

Cara mendapatkan sponsor berikutnya adalah memastikan ke pihak sponsor bahwa kegiatan berdampak luas bagi masyarakat. Kegiatan yang kamu buat harus melibatnya banyak masyarakat atau mengundang perhatian masyarakat.

Bagaimana pun juga, sponsor terutama perusahaan membutuhkan publikasi. Mereka ingin dikenal. Mereka ingin marketing dan juga branding. Dan ini bisa dilakukan dengan mengikuti kegiatan seperti yang akan kamu lakukan.

Jadi, apakah kegiatan kamu akan menyita perhatian banyak orang? Seberapa banyak orang yang akan datang di acara tersebut? Semakin luas masyarakat yang tahu, semakin tertarik sponsor untuk memberikan dana.

3. Simbiosis Mutualisme

Saat kamu mencari sponsor, ada keuntungan yang kamu ingin dapatkan, yaitu dana yang diperlukan untuk menggelar acara. Di sisi lain, sponsor juga tidak mau mengeluarkan dana begitu saja. Ada keuntungan yang ingin mereka dapatkan. 

Apa itu? Bermacam-macam. Misalnya saja mereka ingin membuka stand jualan produk mereka saat acara digelar. Jadi, saat mengajukan proposal, tunjukkan benefit apa yang mereka bisa dapatkan. Siapkan stand jualan untuk mereka. Jadi, mereka juga bisa langsung berjualan di saat acara digelar.

Itulah hal yang harus kamu ketahui dari sudut pandang sponsor. Jadi, sebenarnya cara mendapatkan sponsor itu mudah. Pahami keinginan mereka. Itu menjadi kunci utamanya. Tanpa memahami hal tersebut, susah sekali bagi kamu untuk mendapatkan sponsor, entah itu dari pihak perusahaan ataupun organisasi.

Jadi, sudah siap untuk cari sponsor? Sudah ada bayangan siapa yang kamu targetkan sebagai calon sponsor untuk acara kamu?

Please follow and like us: