Sudah menjadi rahasia umum bahwa saat ini media sosial tidak bisa dilepaskan dari keseharian umat manusia. Hal ini tak terkecuali pada bidang pencarian sponsor acara.
Tidak sedikit panitia-panitia acara besar mampu memanfaatkan media sosial dengan baik dan mendapatkan banyak sponsor acara dari sana. Nah, jika kamu juga termasuk salah satu orang yang ingin mencoba mendapatkan sponsor instan lewat media sosial, simak tulisan ini ya!
1. Amati dan Kuasai Tren
Meskipun memberikan peluang untuk menjangkau audiens yang luas sampai ke seluruh dunia, tidak semua pengguna media sosial dapat melakukannya dengan mudah. Untuk mencapai target audiens yang banyak, perlu riset yang mendalam dan detail tentang tren yang saat ini sedang berlangsung.
Jika kamu hendak memanfaatkan media sosial untuk pencarian sponsor acara, coba amati tren apa yang saat ini sedang viral. Setelah mendapatkan informasinya, terus eksplor konten-konten lain yang terbukti mampu mendapatkan viewers banyak dan engagement yang tinggi. Viewers dan engagement yang tinggi ini akan membantu kamu mendapatkan sponsor dengan lebih mudah.
Calon sponsor sudah pasti ingin mendapatkan timbal balik jika nanti mereka mensponsori acaramu. Oleh karena itu, viewers dan engagement di sini berperan sebagai “jaminan” bahwa acara kamu dipersiapkan dengan matang, dan akan memberikan timbal balik bagi para sponsor nantinya.
2. Aplikasikan Konsep: Tiru dan Modifikasi
Di media sosial, banyak orang membagikan pengalamannya, termasuk pengalaman menjadi panitia dan mendapatkan banyak sponsor acara.
Dari konten-konten tersebut, kamu dapat mengambil ilmu dan menerapkannya di konten yang akan kamu buat di akun acaramu. Kamu bisa mengaplikasikan konsep tiru dan modifikasi. Tiru garis besarnya, kemudian modifikasi menyesuaikan dengan gaya yang khas dari acaramu.
3. Buat Konten Plan
Konten pencarian sponsor di media sosial tentu tidak bisa hanya dibuat satu kali. Dengan algoritma yang ada, kamu perlu membuat banyak konten untuk melebarkan peluang menjangkau lebih banyak calon sponsor. Maka dari itu dibutuhkan konten plan.
Dalam konten plan, harus memuat timeline dan konsep-konsep konten yang akan dibuat selama persiapan acara, sampai pelaksanaan acara, dan setelah acara selesai. Ya, setelah acara selesai pun usahakan untuk tetap membuat konten, contohnya ucapan terima kasih kepada para sponsor yang sudah mendukung acaramu. Cara ini dapat membuat sponsor merasa lebih dihargai dan membuka peluang untuk kembali mendapatkan sponsor di acara berikutnya.
Itulah cara-cara simpel yang dapat kamu ikuti untuk mendapatkan sponsor instan lewat media sosial. Semoga kamu dapat mempraktekkannya dan kamu sukses mendapatkan sponsor acara, ya!