Apakah kamu pernah merasa proposal sponsorship kamu tidak mendapatkan respon yang diharapkan? Atau, sudah mencoba membuat proposal sebaik mungkin, tetapi masih sulit mendapatkan sponsor? Jika kamu pernah merasakan hal tersebut, mungkin memang ada bagian di proposal sponsorship kamu yang perlu di-upgrade lagi, nih! Di tengah persaingan yang ketat, hanya proposal yang benar-benar menonjol yang akan menarik perhatian sponsor. Lalu, bagaimana cara membuat proposal untuk cari sponsor?

Artikel kali ini akan membahas langkah-langkah praktis cari sponsor yang bisa kamu ambil untuk memastikan proposal kamu tak hanya dilirik, tetapi juga menjadi prioritas calon sponsor, lho! Agar proposal kamu memikat hati sponsor, tawarkanlah sponsor keuntungan. Contoh benefit untuk sponsor misalnya seperti peningkatan eksposur merek, akses ke audiens baru, atau peluang liputan media. Buatlah mereka merasa bahwa mendukung acara kamu adalah investasi yang menguntungkan.

1. Riset Calon Sponsor

Cara yang pertama untuk mencari sponsor adalah mengidentifikasi sponsor potensial. Sponsor yang berpotensi ini mencakup perusahaan yang memiliki visi dan misi yang sejalan dengan proyek atau acara kamu. Sponsor yang relevan cenderung lebih tertarik karena mereka melihat adanya kesamaan nilai dan keuntungan yang bisa mereka peroleh.

Kamu bisa memanfaatkan Google, media sosial hingga relasi profesional yang kamu miliki untuk mencari tahu lebih jauh mengenai calon sponsor yang relevan dengan acara kamu.

2. Buat Pendahuluan yang Menggugah

Selanjutnya, kamu bisa memulai membuat proposal cari sponsor dari bagian pendahuluan. Pendahuluan proposal adalah kesempatan pertama kamu untuk membuat kesan yang mendalam. Kamu bisa mengawalinya dengan cerita atau fakta menarik yang relevan dengan acara kamu. 

Misalnya, jika kamu mengajukan proposal untuk acara lingkungan, kamu bisa membuka dengan statistik mengejutkan tentang perubahan iklim atau manfaat dari inisiatif hijau. Tujuannya adalah membuat pembaca tertarik dan ingin tahu lebih lanjut.

3. Tunjukkan Nilai Tambah yang Akan Ditawarkan

Sponsor tidak hanya ingin tahu apa yang akan mereka dapatkan, tetapi juga bagaimana mereka akan terlihat mendukung acara kamu. Jelaskan pula dengan rinci nilai tambah yang kamu tawarkan, seperti eksposur merek, peluang networking, atau kontribusi positif terhadap masyarakat. Jangan lupa untuk menyertakan data atau contoh konkret tentang kesuksesan acara serupa yang pernah kamu dan tim lakukan sebelumnya, ya.

Itulah  langkah praktis cari sponsor  dengan proposal. Mendapatkan sponsor dan membuat proposal memang tidak mudah. Namun, dengan strategi yang tepat dalam artikel ini, peluang kamu untuk sukses semakin besar! Ingatlah untuk selalu mengenal dan memahami calon sponsor kamu, bangun personal branding yang kuat, jalin komunikasi yang baik, manfaatkan media sosial serta selalu up-to-date dengan tren  yang ada.

Please follow and like us: