Menyelenggarakan seminar bukanlah hal yang mudah. Banyak kendala yang mungkin akan dihadapi penyelenggara, termasuk masalah dana atau sponsor. Tak heran jika banyak penyelenggara seminar baru yang merasa kesulitan menemukan cara mendapatkan sponsor yang efektif. Maka dari itu, kalian harus tau tips dan trik cara mendapatkan sponsor.

Seminar sendiri merupakan bentuk pengajaran akademis yang dilakukan di sebuah universitas atau organisasi baik ke komersial atau profesional. Biasanya, seminar punya fokus pada topik tertentu di mana para audiens yang hadir juga bisa berpartisipasi secara aktif.

Seminar tentu membutuhkan dana yang cukup banyak dan terkadang berat jika hanya menggunakan modal dari sebuah organisasi. Sebelum mengarah ke cara mendapatkan sponsor acara seminar, ada baiknya kamu mengetahui beberapa hal tentang seminar itu sendiri.

Ada tiga jenis seminar yang biasanya dilakukan, yaitu seminar motivasi, seminar inspirasi, dan seminar edukasi. Salah satu cara mendapatkan sponsor acara seminar, tentu kamu harus paham terlebih dahulu target sponsorship yang berkaitan dengan jenis seminar yang akan dilakukan. Pada hakikatnya, acara seminar dan sponsor harus saling menguntungkan. Sponsor tidak hanya memberikan dana tapi juga mendapatkan benefit untuk produk atau jasanya dikenal oleh siapa saja yang datang ke seminar tersebut.

1. Pahami Target Sponsor

Jika seorang pemateri seminar harus memahami audiensnya, maka kamu sebagai pencari sponsor harus memahami siapa target sponsorship. Pelajari seluk beluk perusahaan atau organisasi yang dituju. Sebaiknya, pastikan bahwa proposal yang kamu buat relevan dengan calon sponsor. Ini salah satu tips dan trik cara mendapatkan sponsor yang paling penting.

2. Melakukan Follow Up Secara Berkala

Tips dan trik cara mendapatkan sponsor acara seminar berikutnya yaitu dengan tetap rutin melakukan follow up pada calon sponsor. Sebelumnya, tentu kamu harus memiliki kontak atau nomor telepon yang bisa dihubungi untuk melakukan follow up.

Cara ini efisien karena kamu bisa mendapatkan jawaban dari perusahaan calon sponsor. Untuk melakukan follow up, tetap gunakan bahasa yang sopan dan profesional. Bahkan ketika kamu mengalami penolakan oleh calon sponsor.

3. Persiapkan Presentasi

Biasanya sebuah perusahaan besar atau organisasi yang ingin memberikan sponsor memerlukan penjelasan acara yang lebih detail. Oleh karena itu, diperlukan presentasi dari penyelenggara acara seminar. Kamu harus melakukan persiapan untuk tampil di depan orang-orang hebat tersebut secara maksimal.

Paparkan secara detail, tujuan dari seminar tersebut diselenggarakan, siapa saja target audiensnya, lalu seberapa besar benefit bagi perusahaan atau organisasi ketika nantinya memberikan sponsorship.

Ketiga tips dan trik cara mendapatkan sponsor ini pasti akan mempermudah kalian untuk menyelenggarakan event seminar. 

Please follow and like us: