Bagi mereka yang melek akan dunia teknologi, mungkin sudah tidak asing lagi dengan Instagram. Tetapi bagi sebagian orang yang mungkin tidak begitu memahami perkembangan teknologi digital, mungkin masih kurang memahami apa itu Instagram. Instagram adalah satu platform yang saat ini masih eksis dan ramai digunakan oleh pengguna smartphone di seluruh dunia. Generasi milenial dan generasi z adalah yang paling ahli dalam menggunakan Instagram. Siapa sangka Instagram yang merupakan tempat berbagi foto dan video dapat mendatangkan peluang-peluang mendapatkan pendapatan dengan cara mendapatkan sponsor. Kesempatan ini ada karena semakin cepatnya perkembangan teknologi yang berdampak pada terciptanya aplikasi berbagi video dan foto. Hal ini dapat menghasilkan pendapatan bagi orang-orang yang bisa memanfaatkannya.
Pertumbuhan pengguna Instagram dari waktu ke waktu juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Selain sebagai media informasi dan komunikasi antarpengguna, Instagram juga menjadi peluang bisnis online model baru. Pengguna Instagram yang sudah memiliki pengikut puluhan bahkan ratusan ribu bisa mendapatkan endorse dari brand. Mereka berkesempatan untuk mempromosikan brand dengan feedback berupa fee atau produk secara gratis kepada pemilik akun Instagram terkait.
Tidak hanya bagi individu, hal ini membuka kemungkinan Instagram bisa menjadi salah satu daya tarik bagi sponsor untuk bekerja sama dengan suatu komunitas atau acara. Namun, agar akun pengguna dapat dilirik brand dan brand tertarik bekerja sama dengan kita ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Ada beberapa cara mendapatkan sponsor dengan mengembangkan Instagram. Apa saja caranya? Akan kita bahas pada artikel ini.
1. Membuat Akun
Sama seperti beberapa media sosial lainnya, Instagram memiliki konsep interaksi antarpengguna dengan mengikuti (following) atau pengikut (follower). Pengguna juga dapat menambahkan komentar pada foto maupun video, menyukai, mengirim, hingga menyimpannya dalam sebuah akun. Namun, dalam Instagram, untuk dapat mengakses semua fitur tersebut pengguna harus membuat dan memiliki akun. Oleh karena itu, langkah pertama supaya dapat mengembangkan Instagram adalah membuat akun terlebih dahulu.
Dengan memiliki akun, pengguna dapat berbagi konten video atau foto. Langkah inilah yang nantinya akan membuat pihak sponsor tahu keberadaan kita.
2. Membangun Branding dengan Konsisten Produksi Konten
Cara mendapatkan sponsor yang selanjutnya yaitu membangun profil atau branding dengan konsisten membuat konten. Branding dapat disesuaikan dengan aktivitas atau interest komunitas/event. Sebagai contoh, komunitas atau event-mu memiliki ketertarikan di bidang kecantikan dan fashion. Kamu bisa melakukan branding dengan share informasi seputar kecantikan atau tips mix and match pakaian. Kamu bisa share seputar fashion di akun Instagram. Upayakan branding ini agar fokus pada satu niche. Dengan demikian, orang menjadi tahu bahwa kamu memiliki spesialisasi di bidang tersebut.
Saat kamu mencari sponsor, maka sasarannya adalah perusahaan-perusahaan yang sesuai dengan niche konten kamu. Bahkan, saat konten kamu di-boost oleh algoritma Instagram, perusahaan-perusahan yang sesuai dengan niche kamulah yang akan mencari dan menghubungi kamu untuk mensponsori komunitas atau event.
3. Membuat Portofolio
Mempunyai sebuah portofolio merupakan suatu hal yang cukup penting dalam pengembangan komunitas. Mengapa demikian? Sebab portofolio sendiri merangkum semua informasi tentang hasil karya, prestasi, pelatihan, kemampuan, dan juga pengalaman yang pernah dijalani. Fungsi dari portofolio sendiri tidak hanya digunakan oleh para fresh graduate dalam prosesnya melamar pekerjaan. Namun, portofolio juga dapat dimiliki oleh komunitas yang telah berpengalaman, yang mana berisi mengenai laporan lengkap tentang kegiatan apa saja yang telah diselesaikan.
Cara mendapatkan sponsor dengan mengembangkan Instagram komunitas/event juga mengharuskan kamu membuat portofolio. Portofolio yang termuat dalam konten dan capaian penonton dari setiap konten bisa menjadi kesempatan untuk memamerkan semua karya terbaik kamu dalam satu paket yang mengesankan bagi calon sponsor. Portofolio adalah bukti konkret keahlian, kemampuan dan keberhasilan kamu di media sosial sehingga calon sponsor tahu bahwa kamu benar-benar mampu mempromosikan produk dari calon sponsor.