Sudah menjadi rahasia umum bahwa sponsor yang besar akan sangat memengaruhi keberhasilan acara. Atas dasar itu, setiap panitia acara pastinya memiliki tim pencari sponsor acara yang bertugas mencari dan mendapatkan sponsor. Akan tetapi, pencarian sponsor ini sering kali menjadi tantangan besar bagi sebagian orang. Jangankan untuk mendapatkan sponsor besar, mendapatkan sponsor kecil saja belum tentu mudah.
Tetapi, kamu tidak perlu khawatir. Jika kamu saat ini sedang ditugaskan untuk mencari dan mendapatkan sponsor besar untuk acaramu, di sini kamu bisa mendapatkan tips & trik yang tentu akan membantu mencapai misi kamu.
Tanpa berlama-lama, yuk kita bahas cara mendapatkan sponsor besar untuk acaramu!
1. Riset dan Identifikasi Calon Sponsor Potensial
Riset yang mendalam adalah landasan atau langkah awal yang harus kamu persiapkan. Dalam mencari sponsor acara, tentu kamu tidak bisa “asal” dalam mendekati calon sponsor.
Identifikasi calon-calon sponsor potensial yang bergerak di bidang yang sejalan dengan acara yang akan kamu buat. Contohnya, jika kamu akan mengadakan acara seminar, kamu dapat melakukan pendekatan ke perusahaan-perusahaan besar di bidang teknologi dan perbankan.
2. Persiapkan Proposal Profesional dan Bernilai Jual Tinggi
Dalam menulis proposal untuk diajukan dalam pencarian sponsor acara, tulislah dengan serius karena proposal memegang peranan penting. Jika kamu pemula dalam hal pembuatan proposal, mungkin kamu bertanya-tanya, apa yang membuat proposal kamu menarik untuk perusahaan besar?
Jawabannya tentu value dan keunikan yang dimiliki acaramu. Jika acaramu memiliki value tinggi, berpeluang memberikan impact yang baik, dan akan memberikan value untuk pihak sponsor apabila mereka memberikan sponsorship, tentu proposal sponsor acara kamu akan dilirik dan disetujui.
Contohnya, dalam proposal tulislah mengenai potensi eksposur brand, target audiens, dan ROI (return on investment) yang berpeluang didapatkan. Ini adalah salah satu cara mendapatkan sponsor besar untuk acara yang jitu.
3. Manfaatkan Jaringan dan Relasi
Poin ini terkadang bernada positif, tapi bisa juga negatif. Tetapi, jangan ragu untuk mencoba. Jika kamu dan tim memiliki relasi orang-orang di perusahaan, cobalah hubungi orang-orang tersebut. Bisa saja langkah ini membuka peluang acaramu mendapatkan sponsor besar dari perusahaan diawali dari jaringan atau relasi yang kamu punya.
Jika kamu belum memiliki koneksi, kamu dapat menggunakan LinkedIn atau acara networking untuk memperluas koneksi. Jika sudah terjalin koneksi yang baik, baru kenalkan mengenai acara kamu dan infokan bahwa kamu sedang mencari sponsor acara.
4. Promosi Acara dengan Profesionalisme
Gunakan media sosial untuk menaikkan engagement acara. Pihak sponsor akan lebih percaya dan tertarik pada acaramu jika acaramu sudah memiliki engagement yang baik dan profesional di media sosial.
Memanfaatkan media sosial sebagai tempat promosi adalah cara mendapatkan sponsor yang paling mudah dan menjanjikan. Hal ini karena semua orang pasti menggunakan media sosial setiap hari, termasuk staf yang bertugas dalam bidang sponsorship. Bisa saja, perusahaan besar melirik acaramu lewat media sosial dan tertarik menjadi sponsor.
5. Buktikan Kredibilitas dan Potensi Acaramu
Tahap ini adalah tahap akhir yang sangat berpengaruh pada keberhasilan mendapatkan sponsorship.
Jika ada, jangan lupa untuk menunjukkan rekam jejak kesuksesan acara yang pernah kamu selenggarakan sebelumnya. Gunakan media sosial dan testimoni dari kolaborator sebelumnya untuk membangun kepercayaan sponsor acara.
Dalam proses mencari sponsor acara besar, sangat penting untuk memiliki semangat dan keberanian mencoba dan terus meningkatkan kualitas acara. Jangan ragu untuk memulai. Meskipun kelihatannya sulit, sponsor besar bukan sesuatu yang mustahil untuk kamu dapatkan, tapi sangat mungkin terwujud jika kamu tahu kuncinya.
Selamat mencoba!