Sejak dahulu, proposal diketahui sebagai bagian esensial dan menjadi kunci dalam setiap pengajuan proposal sponsor acara. Namun, seiring perkembangan teknologi dan tren, kini proposal bukan satu-satunya kunci utama dalam mendapatkan sponsor acara.

Dunia yang semakin terhubung melalui internet setiap hari menciptakan tren-tren baru yang mempengaruhi dan mengubah cara-cara tradisional. Hal ini tak terkecuali pada proses pencarian sponsor acara.

Jika kamu saat ini sedang bingung mengenai kunci dalam mendapatkan sponsor, mari kita bahas faktor penentu dalam mendapatkan sponsor acara masa kini. Kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

1.       Eksplor Media Sosial

Saat ini, siapa sih yang tidak tahu apa itu media sosial?

Semua orang sudah sangat familiar dengan media sosial, bahkan media sosial sudah menjadi bagian yang tidak dapat dilepaskan dari keseharian manusia.

Mencari sponsor termasuk salah satu bagian yang pada masa kini yang tidak bisa dilepaskan kaitannya dari media sosial.

Salah satu media sosial yang bisa dieksplor untuk pencarian sponsor adalah TikTok. Di Indonesia, saat ini, platform video pendek TikTok sangat digandrungi dan memiliki banyak pengguna. Bahkan, menurut Data Report, Indonesia memiliki pengguna TikTok terbanyak di dunia, yaitu sebanyak 157,6 juta pengguna.

Platform sebesar ini tentu sangat mungkin untuk dimanfaatkan sebagai media pencarian sponsor. Di TikTok, tak jarang perusahaan-perusahaan membuka peluang kerja sama sponsorship dengan membuat video pendek tentang penawarannya.

Jika kamu sedang mencari sponsor acara, tentu kamu bisa mengeksplor media sosial, salah satunya TikTok dan berselancar mencari peluang mendapatkan sponsor di sana.

2.       Kumpulkan Ide

Setelah mengeksplor media sosial, langkah selanjutnya dalam mencari sponsor acara adalah dengan mengumpulkan ide.

Kamu bisa melihat konten-konten pengguna media sosial lain yang sudah berhasil mendapatkan sponsor untuk acaranya. Dari situ, kamu bisa mengumpulkan ide-ide brilian dan mengaplikasikannya di akun acara kamu sendiri.

Dengan mengumpulkan ide dari akun-akun acara lain yang sudah berhasil, proses pembuatan konten dalam rangka mendapatkan sponsor acara  akan lebih mudah.

3.       Buat Konten

Konten yang menarik dan memiliki engagement yang baik akan sangat membantu mempermudah kamu dalam mendapatkan sponsor acara. Di masa kini, selain proposal, konten menjadi faktor penentu dalam mendapatkan sponsor.

Mulai dari masa persiapan, dokumentasikan dengan rapi dan edit video dokumentasi behind the scene acaramu, kemudian posting di media sosial menggunakan sound viral. Hal ini akan mempermudah kamu menjangkau audiens yang luas, termasuk para calon sponsor.

Kamu juga bisa membuat konten khusus dengan hashtag #opensponsorship untuk langsung menjangkau target utama, yaitu calon sponsor.

Itulah langkah-langkah yang dapat kamu ikuti dalam rangka proses mendapatkan sponsor acara. Semoga acara kamu sukses besar, ya!

Please follow and like us: