Panduan Singkat tapi Lengkap Cari Sponsor Event
Kamu harus tahu ada banyak sekali perusahaan atau organisasi yang siap mendanai sebuah acara. Hanya saja, terkadang mereka tidak bisa bertemu dengan pihak-pihak yang sedang cari sponsor event.
Jika Kamu sekarang sedang merencanakan sebuah event dan berencana mencari sponsor, Kamu harus optimis. Pasalnya, ada banyak sekali sponsor yang siap mendanai. Yang perlu dilakukan adalah membuat kegiatan menarik dan menemukan sponsor yang memang punya visi yang sama serta siap mendanai.
Untuk itu, Kamu perlu belajar langkah demi langkah cari sponsor event agar kamu tidak kesulitan untuk mendapatkan sponsorship.
5 Langkah Sederhana Cari Sponsor Event
Setidaknya ada 5 hal yang perlu Kamu lakukan ketika mencari sponsor event. Apa saja itu?
1. Pahami Profil Calon Sponsor Event Kamu
Jangan terburu-buru membawa proposal lalu menemui perusahaan atau organisasi calon sponsor. Kamu harus memahami dulu profil calon sponsor.
Banyak sekali orang yang gagal mendapatkan sponsor event karena mereka asal dalam memilih sponsor. Mereka tidak tahu profil perusahaan, apakah perusahaan tersebut memang memiliki hubungan dengan event yang akan digelar atau tidak.
Agar proposal kamu kemungkinan besar diterima, pastikan dulu perusahaan yang akan kamu kunjungi itu perusahaan yang memang ada kaitannya dengan event yang kamu bakal gelar.
Contoh sederhana seperti ini. Kamu ingin menggelar event membersihkan sampah di bantaran sungai. Akan lebih baik jika kamu menghubungi perusahaan yang selama ini dianggap sebagai penyumbang limbah di sungai. Mereka pasti akan dengan senang hati mendanai karena kegiatan tersebut akan memperbaiki image perusahaan di masa masyarakat.
Sampai sini, sudah bisa dipahami, bukan?
2. Buat Daftar Calon Sponsor
Setelah profiling, langkah berikutnya adalah mencari daftar perusahaan atau organisasi yang tepat di mana kamu bisa mengajukan sponsor. Jangan hanya membidik satu calon sponsor. Saat kamu cari sponsor event, kamu harus memiliki lebih dari satu target.
Mengapa? Meskipun profil perusahaan sudah kamu pelajari dan kamu rasa perusahaan tersebut sesuai dengan kriteria, ada kemungkinan mereka tidak ikut mendanai. Bisa saja dana CSR mereka sudah terpakai atau alasan lain.
Untuk mengantisipasi hal tersebut, kamu harus buat daftar calon sponsor yang jumlahnya lebih dari 5. Ini juga sebagai langkah antisipasi barang kali dana dari satu sponsor tidak cukup.
3. Pastikan Proposal Menarik
Langkah berikutnya adalah membuat proposal yang menarik. Buatlah proposal dengan menggunakan kalimat yang baik sesuai dengan struktur pembuatan proposal.
Yang harus kamu perhatikan adalah impact apa yang kamu ingin tawarkan ketika sponsor mau mendanai kegiatan. Ini yang menjadi penentu apakah proposal kamu menarik atau tidak. Karena bagaimana pun juga pihak sponsor ingin merasakan imbas dari kegiatan, apakah memperkuat branding, memperbaiki image, mendapatkan kepercayaan dari masyarakat, dan lain sebagainya.
4. Manfaatkan Jaringan Kamu
Sudah ada target sponsor. Proposal juga sudah siap. Saatnya melakukan distribusi proposal.
Kamu harus memanfaatkan jaringan yang kamu miliki. Jangan asal datang ke pihak sponsor. Ajak teman atau kolega yang kenal dekat dengan sponsor. Ini akan membuat pihak sponsor lebih mudah untuk percaya dan akhirnya mau mendanai event kamu.
5. Manfaatkan Media Sosial
Tidak hanya mengandalkan jaringan. Kamu juga bisa cari sponsor event dengan cara menyebarkan pengumuman melalui media sosial. Selain menggaet sponsor, ini juga cara agar semakin banyak orang tahu event apa yang kamu akan gelar.
Dengan semakin banyak orang tahu, sponsor pun akan semakin tertarik untuk ikut mendanai. Jadi, penting sekali untuk memanfaatkan media sosial yang ada.
Itulah beberapa tips cari sponsor event yang bisa kamu lakukan. Selama event yang kamu akan gelar berdampak baik untuk banyak orang, sudah pasti akan banyak sponsor yang mau membantu dalam hal pendanaan. Itu kuncinya.