Dalam setiap penyelenggaraan event (acara) dukungan dari sponsor selalu dibutuhkan untuk menunjang kelancaran acara. Urgensi ini menjadi dasar bahwa cara mendapatkan sponsor acara sangat penting untuk diketahui dan dipahami oleh semua penyelenggara acara, khususnya yang bertugas di bidang sponsorship.
Jika kamu saat ini sedang kebingungan mengenai langkah-langkah yang tepat untuk mendapatkan sponsor atau ingin menambah pengetahuan tentang cara mendapatkan sponsor, kamu sudah berada di jalan yang tepat.
Pada artikel ini akan dibahas panduan lengkap cara mendapatkan sponsor untuk berbagai event yang bisa menjadi referensi kamu dalam mencari sponsor acara.
Dalam mencari sponsor acara (event), terdapat beberapa langkah yang bisa kamu lakukan.
Mari simak bersama!
1. Tentukan kategori sponsor yang dibutuhkan
Langkah pertama yang bisa kamu lakukan ketika mencari sponsor acara adalah menentukan kategori-kategori sponsor acara yang nantinya akan dibutuhkan oleh acaramu.
Misalnya, kamu membagi sponsor ke dalam 3 kategori:
· Sponsor utama
Sponsor yang masuk kategori ini adalah sponsor yang memberikan dukungan terbesar. Angka partisipasi dan dukungan sponsor kategori ini di atas 50% dari anggaran.
· Sponsor umum
Sponsor kategori selanjutnya kategori umum adalah sponsor yang berada di kategori pertengahan dengan dukungan kurang dari atau sama dengan 50% anggaran acara.
· Sponsor partisipasi
Kategori terakhir adalah kategori partisipasi. Sponsor kategori ini memberikan dukungan kurang dari atau sama dengan 10% anggaran.
Pengkategorian ini akan membantu kamu dalam menjalankan langkah-langkah selanjutnya karena jika sudah dikategorikan, artinya kamu sudah memiliki gambaran luas mengenai calon sponsor acara yang perlu disasar.
2. Buat daftar calon sponsor yang relevan dengan kebutuhan acara
Langkah kedua yang bisa kamu lakukan untuk cara mendapatkan sponsor berbagai event adalah membuat daftar.
Buatlah daftar calon sponsor yang visi misi perusahaannya relevan dan cocok dengan event yang akan kamu selenggarakan. Daftar calon sponsor acara yang lengkap akan memudahkan kamu mendata progres sponsorship.
3. Buat proposal
Setelah membuat kategori dan daftar calon sponsor acara selanjutnya kamu harus menyiapkan proposal.
Sejak dulu, proposal memegang peranan penting dalam alur pengajuan kerja sama sponsorship. Proposal yang kamu buat hendaknya mencakup gambaran acara lengkap, data target audiens, dan bentuk kerja sama yang ditawarkan.
Buat proposal dengan profesional dan lengkap untuk menunjukkan keseriusan di depan calon sponsor acara.
Proposal yang sudah dibuat dan dikirimkan juga tidak bisa didiamkan saja, perlu ada follow up lanjutan agar kerja sama bisa terjalin.
4. Siapkan negosiasi
Langkah selanjutnya setelah pengajuan proposal adalah tahap negosiasi. Jika proposal yang kamu ajukan menarik perhatian calon sponsor acara, akan ada sesi negosiasi yang isinya membahas hal-hal yang berkaitan dengan acara yang akan diselenggarakan.
Dalam negosiasi, selalu ingat untuk bersikap profesional dan pahami betul-betul ucapan lawan bicara agar tanggapan yang kamu berikan sesuai sehingga lebih mudah mencapai kesepakatan.
Jika negosiasi berlangsung baik, langkah selanjutnya adalah penandatanganan kontrak kerja sama. Tandanya, proses pencarian sponsor acaramu berhasil.
Itulah panduan lengkap cara mendapatkan sponsor untuk berbagai event yang bisa kamu ikuti.
Semoga dapat dipahami dan dipraktikkan untuk mencapai kesuksesan acara kamu ya!