Begini Nih Cara Menaikkan Peluang Mendapatkan Sponsor Event
Kamu sedang mencari sponsor event? Jika ya, mungkin kamu merasakan hal sama yang dirasakan kebanyakan orang. Sulit sekali untuk meyakinkan calon sponsor agar mereka mau ikut serta mendanai kegiatan.
Atau ada juga yang hanya sekedar memberikan dana. Hanya sedikit dengan niat agar kamu tidak kecewa sudah datang membawa proposal. Padahal, dana yang kamu butuhkan cukup banyak.
Tentu saja kamu ingin sekali ada satu sponsor besar yang men cover setidaknya setengah pembiayaan kegiatan, bukan? Atau lebih senang lagi jika ada 1 sponsor utama. Jadi, kamu tidak perlu repot-repot lagi mencari sponsor event lainnya.
Tapi, bagaimana caranya?
Sebenarnya, kuncinya adalah bagaimana kamu mencari peluang yang besar di mana sponsor mau memberikan dana. Dan yang terpenting ada pada proposal yang kamu sodorkan.
Bagiamana mungkin sponsor tertarik jika proposal yang kamu tunjukkan sama sekali tidak menarik? Untuk itu, saat mencari sponsor event, wajib hukumnya kamu menyiapkan proposal sebaik mungkin.
3 Hal yang Membuat Proposal Kamu Menarik di Mata Sponsor
Ada tiga hal utama dan sangat penting untuk kamu perhatikan agar proposal kamu menarik di mata sponsor. Apa saja itu?
1. Judul Wajib Menarik
Membangun kesan pertama itu sangat penting. Dan kesan yang dirasakan oleh pihak sponsor bisa muncul ketika membaca judul proposal kamu.
Pastikan judulnya menarik. Gunakan diksi atau pilihan yang tepat yang membuat calon sponsor event yakin bahwa acara yang bakal kamu gelar ini sangat baik. Usahakan dengan hanya membaca judulnya, sponsor sudah tahu apa yang akan kamu lakukan. Usahakan juga mereka tertarik.
Setidaknya, ketika dari judul saja bisa membuat mereka tertarik, mereka mau membuka dan membaca isi proposal. Mereka juga pastinya tertarik untuk mendengarkan penjelasan yang akan kamu sampaikan.
2. Rencana Matang
Kamu bisa mencari contoh proposal kegiatan yang membutuhkan sponsorship. Atau cari saja struktur pembuatan proposal yang benar. Buat proposal sesuai dengan struktur tersebut.
Namun, yang paling penting adalah di bagian perencanaan. Pastikan kamu menjelaskan apa kegiatan yang kamu akan lakukan secara rinci. Ini yang akan menunjukkan seberapa matang kegiatan yang kamu rencanakan.
Biasanya, calon sponsor kagum dengan kegiatan besar yang mungkin akan kamu kerjakan. Akan tetapi, mereka ragu apa kamu bisa melakukannya dengan baik atau tidak. Apalagi jika yang mengajukan proposal dan menjelaskan event merupakan anak muda.
Oleh sebab itu, yakinkan dengan cara menuliskan rencana kegiatan secara detail. Dengan demikian, calon sponsor event tidak akan ragu dan dengan senang hati memberikan dana.
3. Impact Besar untuk Masyarakat
Seberapa besar impact yang akan didapatkan oleh masyarakat dengan adanya event yang akan kamu gelar? Ini pertanyaan yang ada di benak sponsor. Jika kegiatan sama sekali tidak berimbas kepada masyarakat, mana mungkin sponsor tertarik.
Jelaskan impact dari kegiatan ini dalam latar belakang proposal. Ini akan membuat calon sponsor event yakin untuk join menjadi salah satu pihak yang mendanai kegiatan kamu tersebut.
Nah, sudah tahu kan apa yang harus kamu lakukan agar peluang proposal sponsor kegiatan kamu disetujui? Ilmu komunikasi menjadi sangat penting agar pihak yang kamu bidik menjadi sponsor mau berkontribusi dalam acara kamu nanti. Komunikasi tersebut tidak hanya berupa komunikasi tertulis yang tertuang dalam proposal tapi juga komunikasi verbal. Yaitu komunikasi ketika kamu melakukan presentasi di depan calon sponsor event.