Besarnya peran sponsor dalam mendukung kelancaran dan kesuksesan acara membuat pencarian sponsor acara sangat penting untuk diperhatikan. Di era sekarang, di mana media sosial membantu berbagai kegiatan manusia, termasuk pencarian sponsor, campaign cara mendapatkan sponsor acara yang efektif bisa menjadi kunci keberhasilan.
Lalu, bagaimana cara membuat campaign yang efektif menarik sponsor acara?
Yuk simak bersama uraiannya di bawah ini!
1. Riset campaign sponsorship di media sosial
Langkah pertama sebelum memulai campaign cara mendapatkan sponsor/sponsorship adalah riset. Ya, luangkan waktumu untuk melakukan riset mengenai campaign-campaign sponsor acara yang sudah berhasil dengan baik.
Dengan riset yang mendalam, kamu akan mendapatkan sumber ide dan inspirasi untuk campaign sponsor acaramu sendiri.
2. Pahami tren dan sound yang sedang viral
Tren sangat menentukan jangkauan campaign sponsor acara yang kamu buat. Oleh karena itu, bagi pembuat campaign, sudah menjadi hal yang wajib untuk memilih antara dua hal, yaitu menciptakan atau mengikuti tren.
Jika kamu cukup kreatif untuk menciptakan tren baru, kamu bisa mencobanya dalam pembuatan campaign sponsor acaramu. Namun, jika kamu termasuk yang ingin “cari aman” lebih baik ikuti tren campaign yang sudah ada disesuaikan dengan style acaramu.
Selain tren gaya campaign, kamu juga perlu memperhatikan sound yang saat ini sedang viral untuk mendongkrak jangkauan campaign sponsor acara yang kamu buat.
Dengan memahami tren dan sound viral, besar kemungkinan campaign yang kamu buat akan sampai ke audiens yang luas.
3. Gunakan hashtag untuk menarik sponsor
Tanda pagar (tagar) atau hashtag yang relevan sangat berpengaruh pada sampai atau tidaknya campaign sponsor acaramu ke audiens yang sesuai. Dikutip dari Kompas, hashtag di media sosial memiliki berbagai kegunaan, diantaranya untuk mengelompokkan konten, memudahkan pencarian konten, untuk kebutuhan branding, dan campaign lintas platform.
Kegunaan hashtag tersebut dapat dimanfaatkan juga dalam campaign sponsor acara. Coba gunakan hashtag yang relevan, seperti #opensponsorship #sponsoracara atau #sponsorship. Dengan mencantumkan hashtag, campaign yang kamu buat akan menyasar audiens yang tepat.Itu tadi adalah cara mendapatkan sponsor yang efektif menarik sponsor acara yang dapat kamu ikuti.